English |  Bahasa 
Currency :
English |  Bahasa 
Currency :

Flek Hitam pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Sudah bukan rahasia lagi kalau flek hitam yang di wajah bisa mengganggu penampilanmu. Selain membuat warna kulit menjadi tidak merata, flek hitam seringkali bertambah jumlahnya atau bahkan semakin meluas. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengenali apa itu flek hitam dan cara mengatasinya.

Flek Hitam pada Kulit dan Cara Mengatasinya

1. Apa Itu flek hitam

Flek hitam merupakan salah satu bentuk hiperpigmentasi yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh kulit yang memberikan warna pada kulit. Jika produksi melanin berlebih, hal inilah yang menyebabkan kulit tampak lebih menggelap. Produksi melanin berlebih dapat terjadi saat melanosit, sel yang menghasilkan melanin, menjadi lebih aktif. Salah satu faktor yang menyebabkan sel melanosit menjadi lebih aktif adalah sinar UV yang masuk ke dalam kulit.


Ada kalanya melanin yang dihasilkan melanosit tidak tersebar merata pada seluruh bagian kulit. Saat melanin yang dihasilkan berkumpul pada beberapa bagian kulit saja, terbentuklah bercak-bercak atau noda kecoklatan sampai kehitaman yang sering juga disebut sebagai flek hitam. Walaupun begitu, tidak semua flek hitam itu sama dan faktor penyebabnya cukup banyak.

2. Jenis-jenis flek hitam

Freckles

a. Freckles

Freckles pada tangan.

Freckles adalah noda hitam yang muncul di atas permukaan kulit akibat paparan sinar matahari. Bentuknya kecil-kecil, berwarna coklat sampai kehitaman, rata dengan kulit, dan bisa ditemukan pada seluruh bagian yang terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, dan tangan, serta dapat terjadi pada usia berapapun.

Faktor penyebab utama dari freckles adalah sinar UV terutama sinar UVA sehingga menggunakan sunscreen broad spectrum yang mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB harus dilakukan setiap hari walaupun langit terlihat mendung.
Semakin telaten kamu menggunakan sunscreen, semakin rendah peluang freckles terbentuk.

b. Melasma
Melasma pada wajah

melasma

Melasma merupakan bentuk hiperpigmentasi atau penggelapan kulit yang terjadi akibat perubahan hormonal, misalnya pada saat sedang hamil atau saat sedang mengkonsumsi obat kontrasepsi. Karena faktor risikonya adalahnya perubahan hormonal, itulah mengapa melasma lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Melasma terlihat seperti bercak kecoklatan sampai kehitaman yang cukup luas dan sering ditemukan di area seperti hidung, dagu, pipi, dan di atas bibir sehingga kadang dapat membuat wajah terlihat seperti seolah-olah sedang berkumis. Melasma seringkali dapat menghilang dengan sendirinya saat kondisi hormon menjadi lebih stabil, namun ada kalanya melasma menetap di kulit sehingga harus menggunakan perawatan pencerah yang dapat mengurangi tampilannya. Melasma juga dapat diperparah oleh paparan sinar UV sehingga menggunakan sunscreen setiap hari dapat membantu mengurangi tampilan melasma.

c. Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)
PIH pada kulit acne prone

melasma


Post Inflammatory Hyperpigemntation (PIH) adalah noda hitam yang terjadi pada kulit setelah inflamasi terjadi. Hiperpigmentasi ini terjadi karena reaksi inflamasi dapat memicu produksi melanin yang berlebih, itulah kenapa PIH lumrah ditemukan pada saat jerawat baru saja sembuh atau luka baru saja mengering. Walaupun begitu, PIH lebih mudah terjadi pada orang-orang dengan kulit yang cenderung gelap dibandingkan pada kulit yang cerah. Walaupun begitu, tampilan PIH dapat dikurangi dengan meminimalisasi paparan sinar UV pada kulit infamasi terjadi.

d. Sun spots
Sun spots pada wajah wanita dewasa

Sun spots

Sun spots adalah noda hitam yang terjadi pada kulit akibat paparan sinar matahari yang sifatnya kumulatif atau bertambah seiring waktu. Walaupun disebabkan oleh hal yang sama, sun spot biasanya akan muncul di kemudian hari (usia 25 tahun ke atas), berbeda dengan freckles yang bisa segera muncul di kulit tidak lama sejak paparan UV terjadi. Karena sun spots seringkali baru tampak di kemudian hari, ada kalanya sun spot juga disebut sebagai age spots.

Berbeda dengan freckles, sun spots cukup persisten dan lebih sulit dihilangkan. Terapi kombinasi seringkali lebih efektif dalam mengatasi sun spots dan penggunaan sunscreen sejak dini juga dapat mencegah sun spots terbentuk.

3. Cara mengatasi flek hitam

  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV
    Karena flek hitam disebabkaan oleh melanin dan melanin dapat diproduksi lebih banyak saat kulit terpapar sinar UV terutama UVA, melindungi kulit dari sinar matahari merupakan langkah utama dalam menjaga kulit dari noda hitam. Selalu hindari paparan sinar matahari langsung terlalu lama, gunakan payung atau topi berpinggir lebar, kacamata hitam, serta gunakan baju berlengan panjang untuk melindungi kulit dari sinar UV.

    Selain protective clothing dan payung, kamu juga harus menggunakan sunscreen yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB seperti seperti ElshéSkin Day Rejuvenation yang mengandung UV protector sekaligus Glutathione, Vitamin C, Grape Seed Extract, serta niacinamide yang mampu mencerahkan kulit sehingga layak kamu gunakan setiap hari.

  • Menggunakan produk dengan bahan pencerah
    Selain menggunakan sunscreen, Kamu juga bisa menggunakan face wash, toner, serum atau moisturizer yang mengandung bahan-bahan pencerah secara teratur agar hasilnya maksimal.

    Kamu bisa menggunakan bahan pencerah seperti AHA, BHA, PHA, Vitamin C, Niacinamide, Glutathione, dan Arbutin secara teratur agak kulit tampak lebih cerah dan flek hitam memudar. Tidak usah pusing mencari, ElshéSkin Radiant Skin Serum bisa menjadi opsi pilihanmu, lho! Kandungan 2 turunan Vitamin C, Arbutin, Niacinamide, dan arbutinnya membuat produk ini efektif mencerahkan sekaligus mengurangi tampilan noda hitam pada wajah.

    Selain Radiant Skin Serum, kamu juga bisa menggunakan produk eksfoliasi dari ElshéSkin yaitu ElshéSkin Glowing Facial Peeling. Produk ini mengandung Multi-fruit AHA dan PHA, serta ekstrak kembang sepatu yang mampu menhilangkan sel-sel kulit mati yang kusam sekaligus merangsang regenerassi sel-sel kulit baru agar flek hitam segera memudar dari kulit indahmu!
  • Mengunjungi dokter kulit
    Kalau flek hitam tidak berkurang tampilannya walaupun sudah menggunakan sunscreen dan produk pencerah, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, flek hitam yang bentuknya berubah-ubah yang bahkan tumbuh dan meluas sebaiknya dikonsultasikan pada dokter kulit segera karena hal ini bisa saja merupakan tanda awal kanker kulit.

    Ingat, faktor utama yang menyebabkan sekaligus memperparah noda hitam adalah sinar UV. Jangan sibuk menggunakan produk pencerah sambil meremehkan paparan sinar matahari karena hal ini dapat membuat flek hitam tidak memudar sekaligus membuat semua skincare pencerah menjadi sia-sia.

Masih bingung dengan masalah kulitmu?
Belum yakin harus pilih produk yang mana?
Konsultasikan dengan Skin Expert Kami, Kamu Akan didampingi Hingga SEMBUH.
Yuk Konsultasi Sekarang!