English |  Bahasa 
Currency :
English |  Bahasa 
Currency :

Kebiasaan Kecil Ini Bisa Membuat Jerawatmu Susah Sembuh

Seringkali ada kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari selalu kita lakukan. Kebiasaan ini beragam, mulai dari selalu mengecek pintu sudah terkunci atau belum sebelum berangkat, selalu mematikan keran air saat sedang mencuci tangan, mencuci kaki sebelum tidur dan masih banyak lagi. Manfaat kebiasaan ini bervariasi, mulai dari sangat bermanfaat sampai merugikan diri sendiri. Buat para acne fighter, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kamu sadari membuat jerawatmu susah sembuh.

1. Tidak cuci tangan sebelum cleansing dan saat skincare

Di saat pandemi seperti ini kita jadi lebih sadar bahwa mencuci tangan dapat mengurangi penyebaran patogen yang dapat menyebabkan sakit. Hal ini juga berlaku untuk kulit berjerawat karena tangan dapat menjadi tempat kotoran dan mikroorganisme menempel dan berkembang biak.

Setiap hari kita beraktivitas menggunakan tangan dan ini berarti tangan kita menyentuh berbagai macam permukaan. Keyboard laptop yang terakhir dibersihkan sebelum tahun baru 2012, piring tempat makan kucing kesayangan, sepatu yang habis dipakai jogging, keset kaki yang letaknya bergeser dari tempat semula, lantai rumah yang belum dipel, dan masih banyak lagi permukaan kotor lainnya yang kita sentuh.

Kalau kamu cleansing atau menggunakan skincare tanpa mencuci tangan terlebih dulu, hal ini sama saja dengan memindahkan dan menyebarluaskan kotoran serta mikroorganisme dari permukaan kotor tadi ke wajahmu.
Karena kotoran dan mikroorganisme ini juga dapat menyebabkan jerawat, tidak heran kalau jerawatmu sulit membaik.

2. Jarang mengganti handuk

Jarang mengganti handuk untuk jerawat

Kapan terakhir kali kamu mengganti handukmu? 1 minggu yang lalu? 1 bulan yang lalu? 6 purnama yang lalu? 3 tahun hijriah yang lalu? Atau bahkan tidak pernah kamu bersihkan sejak handuk itu pertama kali kamu beli?

Kalau memang benar seperti itu, jangan dilakukan lagi, ya. Handuk dapat ‘menangkap’ sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran dari wajah. Handuk juga dapat mengakumulasi kotoran dan mikroorganisme dari udara saat handuk dikering-anginkan.

Jika handuk ini tidak rutin kamu ganti, hal ini sama saja seperti menyebarkan kotoran pada wajahmu yang baru saja kamu bersihkan. Lebih mengerikan lagi kalau handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan area ‘pribadi’ juga kamu gunakan untuk mengeringkan wajah dan handuk ini tidak pernah kamu ganti secara rutin.

Mau membantu proses penyembuhan jerawat? Katakan tidak pada kebiasaan-kebiasaan buruk seputar handuk ini.

 3. Menggunakan make up lama

Produk Make Up Lama Bikin Jerawatan

Walaupun make up seringkali tidak dicurigai sebagai penyebab jerawat, make up juga dapat menyebabkan breakout dan membuat jerawatmu sulit sembuh, loh!

Produk make up seperti compact powder, cushion foundation, blush on, dan eye brow pencil dapat menyebabkan jerawat karena produk-produk ini dapat mengakumulasi kotoran dan mikroorganisme. Hal ini terjadi karena setiap kali digunakan, produk akan terpapar dengan kotoran dan mikroorganisme daari udara dan juga dari kulitmu. Walaupun kamu menggunakan cushion puff atau make up brush, alat itu akan mengalami kontak dengan kulitmu dan ini berarti akan ada kotoran yang ikut menempel pada alat make up. Saat alat make up ini kamu tempelkan lagi pada produk make up, kotoran dan mikroorganisme itu akan ditransfer pada produk tersebut.

Sampai taraf tertentu hal ini sebenarnya bukan masalah yang besar karena make up juga mengandung pengawet yang bisa membunuh mikroorganisme. Walaupun begitu, make up yang sudah melewati masa period after opening-nya (PAO) tentu sistem pengawetannya tidak seoptimal saat make up baru saja dibuka. Itulah mengapa selain menghindari berbagi make up dan beauty tools dengan orang lain, kamu juga harus menghindari menggunakan make up yang sudah lama.

Selain menghentikan kebiasaan-kebiasaan di atas, jangan lupa juga untuk merawat kulit berjerawatmu dengan skincare yang tepat agar masalah ini segera berlalu. Jangan kuatir, ElshéSkin memiliki rangkaian perawatan khusus kulit berjerawat yang terdiri dari cleanser, toner, sunscreen, dan tentunya night treatment yang mampu mengatasi jerawat. Hubungi Skin Expert ElshéSkin lewat Whatsapp saat ini juga untuk mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahannya. So, stop the bad habit and start using the right skincare from now on.

We’ll wait for your skin transformation journey with us!