English |  Bahasa 
Currency :
English |  Bahasa 
Currency :

Perbedaan Purging dan Breakout

Kamu baru saja selesai mencoba menggunakan produk baru, tapi tiba-tiba wajahmu ditumbuhi oleh jerawat-jerawat misterius beramai-ramai. Saat kamu bertanya di internet, kadang pertanyaanmu akan dijawab dengan istilah-istilah seperti purging dan breakout.

Kamu lalu tambah bingung, apa sih arti purging dan breakout yang sebenarnya? Apa hubungannya purging dan breakout dengan menggunakan skincare baru?

1. Apa itu purging dan breakout?
Sebelum menjelaskan purging, kamu harus tahu dulu bagaimana jerawat terjadi. Ciri khas jerawat adalah adanya sumbatan pada pori-pori yang biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Sumbatan ini menyebabkan minyak terperangkap dan tidak bisa keluar dari pori-pori.

Kondisi minyak melimpah dan pori-pori yang minim oksigen membuat bakteri penyebab jerawat, Cutibacterium acnes, tumbuh dengan pesat dan hal ini dapat memicu inflamasi pada area tersebut. Inflamasi inilah yang nantinya terlihat sebagai jerawat yang meradang.

Fakta menarik dari fenomena ini adalah mulai dari pori-pori tersumbat sampai terjadinya inflamasi, membutuhkan waktu yang cukup panjang yaitu sekitar beberapa hari sampai beberapa minggu. Itulah mengapa jika ada pori-pori yang tersumbat hari ini, belum tentu besoknya kulitmu akan langsung berjerawat.

Mengapa fakta ini perlu kamu ketahui? Purging terjadi karena kulit ‘diaktivasi’ oleh bahan aktif yang mampu meregenerasi dan mempercepat siklus kulit. Akibatnya adalah pori-pori yang tersumbat ini jadi lebih cepat muncul di permukaan.

Hal inilah yang menyebabkan kenapa purging seringkali membuat wajah seketika dipenuhi oleh jerawat: semua jerawatmu yang masih ‘bersembunyi’ dibuat segera muncul ke permukaan kulitmu. Kalau purging merupakan sumbatan pori-pori yang sedang dibersihkan beramai-ramai, breakout terjadi kalau kulitmu mengalami kontak dengan bahan yang tidak disukai atau mengiritasi kulitmu.

Anggap saja reaksi ini seperti alergi: kulitmu memberikan reaksi ‘penolakan’ karena kamu mengaplikasikan produk yang mengandung bahan yang memicu reaksi negatif kulit.

2. Apa pemicunya?
Salah satu ciri khas dari purging adalah pemicunya. Purging terjadi karena skincare yang kamu gunakan mengandung bahan yang mampu meningkatkan siklus pembaruan kulit. Produk-produk yang mampu memberikan efek eksfoliasi dan anti aging seringkali mengandung bahan-bahan tersebut. Bahan-bahan yang biasanya dapat memicu purging yaitu:
  • Retinoid (retinol, retinoic acid, hydroxypinacolone retinoate, adapalene, retinal, retinyl palmitate, dll)
  • Azelaic acid
  • Alpha Hydroxy Acid (glycolic acid, mandelic acid, lactic acid, citric acid)
  • Beta Hydroxy Acid (salicylic acid, capryloyl salicylic acid)
  • PHA (gluconalactone)
Bagaimana dengan breakout? Sayangnya breakout agak sulit diprediksi karena penyebabnya bisa berbeda-beda karena kulit manusia memiliki ‘ketidaksukaan’ masing-masing. Beberapa orang breakout karena produknya mengandung bahan dari minyak zaitun atau turunannya. Ada juga yang breakout karena kandungan glycerin atau hyaluronic acid. Ketidakteraturan inilah yang membuat kamu harus lebih sering membaca dan mengingat ingredients produk yang membuatmu breakout.

Dengan mengingat-ingat komposisinya, kamu jadi lebih mudah mengira-ngira bahan apa yang kulitmu tidak sukai.
Ingat, tidak ada penyebab breakout yang universal. Jika seseorang mengalami breakout karena menggunakan suatu produk, kamu belum tentu akan mengalami reaksi yang sama.
3. Ciri-ciri purging dan breakout

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri breakout dan purging yang bisa membantumu mengetahui apakah kamu sedang breakout atau tidak.
  • Skincare yang digunakan

Karena purging terjadi saat kulitmu kontak dengan bahan aktif yang mempercepat siklus kulit, purging seringkali terjadi saat kamu menggunakan skincare dengan kandungan pemicu purging yang sudah disebutkan di atas. Purging di sisi lain terjadi tanpa alasan yang jelas. Jika jerawat tiba-tiba bermunculan, lihat komposisi skincare-mu: kalau mengandung bahan aktif yang sudah dijelaskan di atas maka itu purging, kalau tidak maka sangat mungkin kamu sedang breakout.
  • Lokasi

Biasanya ada lokasi tertentu pada wajahmu di mana jerawat selalu muncul. Hal ini terjadi karena biasanya pori-pori di area tersebut lebih mudah tersumbat. Itulah mengapa purging biasanya muncul di area di mana kamu biasanya berjerawat sedangkan breakout bisa terjadi di mana saja termasuk di area yang hampir tidak pernah berjerawat sekalipun.
  • Durasi

Purging biasanya terjadi dalam hitungan minggu sampai sebulan lebih (28+ hari). Pada kulit yang jarang berjerawat biasanya purging akan selesai lebih cepat sedangkan kulit acne prone akan lebih lama karena pori-porinya yang memang lebih sering tersumbat. Breakout di sini lain akan terus terjadi sampai kamu berhenti menggunakan produk pemicunya. Itulah mengapa saat kamu menghentikan penggunaan, breakout akan mereda dengan segera sedangkan purging masih akan berlangsung sedikit lebih lama.
  1. Tips and Trick

  • Jika hal tersebut merupakan purging, ada baiknya kamu melanjutkan penggunaan produk sampai purging selesai. Anggap saja purging ini seperti ‘detox’ pori-pori dari penyumbatnya. Prinsip purging adalah “memburuk dulu sebelum membaik”.

  • Jika hal tersebut merupakan breakout, HENTIKAN PENGGUNAAN SEGERA! Meneruskan penggunaan hanya akan meningkatkan risiko kulitmu dipenuhi bekas jerawat.

  • Gunakan spot treatment seperti ElshéSkin Acne Night Treatment atau Acne Night Treatment Gel pada jerawat yang timbul saat purging agar jerawat tersebut segera mereda dan meninggalkan bekas yang minimal.

Bagaimana, apakah saat ini kamu sudah bisa membedakan purging dan breakout? Worry not, kamu tidak harus memahami kulitmu seketika ini juga karena proses mengenali kulit sendiri adalah proses yang membutuhkan waktu. But just in case kamu masih bingung, langsung aja hubungi skin expert ElshéSkin untuk skin check dan akan kami bantu pantau sampai sembuh. We’ll wait for your message, dear!

Konsultasikan masalah kulitmu, Kami pantau hingga sembuh. Yuk konsultasi sekarang!


Rekomendasi Produk: