English |  Bahasa 
Currency :
English |  Bahasa 
Currency :

Tips Agar Kamu Berhenti Memencet Jerawat

“Ingat, jangan memencet jerawat kalau tidak mau jerawatmu tambah parah atau meninggalkan bekas permanen!”

Sudah sering kalimat itu dilontarkan oleh saudara, teman, bapak, ibu, beauty guru, sampai dermatologist, tapi memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dipraktikkan. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang dengan kulit berjerawat akan memiliki hasrat untuk memencet atau menggaruk jerawat dengan tujuan jerawatnya cepat pecah dan masalah “selesai”. Kadang ini semua dilakukan karena ada rasa kepuasan tersendiri saat memecahkan atau memencet jerawat. Beberapa orang bahkan tidak sadar kalau mereka sedang memencet jerawat, entah itu karena respon terhadap stress atau hanya sebatas refleks. Sebelum mengetahui cara mengurangi kebiasaan memencet jerawat, kamu harus tahu lebih dulu kenapa memencet jerawat itu merupakan kebiasaan yang tidak baik.

Memencet jerawat, terutama sedang meradang, dapat membuat pori-pori yang sedang ‘rapuh’ karena mengalami inflamasi menjadi rusak. Saat memencet jerawat, bakteri dan kotoran dapat menyebar ke segala penjuru pori-pori sehingga infeksi dan inflamasi dapat semakin meluas dari sebelumnya. Hal ini juga dapat merusak kulit yang sedang ‘rapuh’ tadi sehingga menjadi lebih mudah rusak dan mampu menyebab kerusakan pada kulit yang nantinya bisa menjadi bopeng. Itulah kenapa memencet jerawat menjadi BIG NO NO bagi kamu yang mengalami jerawat.

Kalau begitu, apa saja yang bisa kamu lakukan agar kamu berhenti melakukan kebiasaan buruk yang merusak kulit ini?

  1. Kurangi intensitas bercermin

Artikel Mencet Jerawat_1 - Kurangi Intensitas Bercermin

Tanpa kamu sadari, bercermin menjadi salah satu aktivitas yang paling meningkatkan hasratmu untuk memencet jerawat, loh! Hal ini terjadi karena cermin dapat membuatmu lebih mudah melihat dan semua jerawat di wajahmu. Saat kamu melihat jerawat tersebut, akan ada dorongan dari dalam diri untuk memencet semua jerawat yang kelihatan matang.

Hal ini bisa semakin diperparah jika cermin yang kamu gunakan adalah cermin pembesar yang bisa memperlihatkan kondisi kulitmu lebih detail sehingga hal yang biasanya tidak tampak oleh mata telanjang jadi jelas terlihat. Akibatnya, semua ‘imperfection’ dan masalah yang paling kecil sekalipun kini jadi masalah yang terlihat. Akibatnya, hasratmu untuk memencet jerawat dan ‘mengeluarkan’ semua komedo yang tampak jelas semakin besar dibandingkan oleh jerawat biasa. Hal ini tentu tidak baik karena semakin besar peluang kamu memencet-mencet jerawat, risiko timbulnya bekas permanen di kulitmu semakin besar.

Oleh karena itu, coba deh untuk tidak terlalu sering bercermin kalau tidak terlalu perlu mulai dari sekarang agar keinginanmu untuk memecahkan jerawat semakin berkurang.

  1. Gunakan acne patch dan spot treatment

Ada kalanya kamu memencet jerawat tanpa sadar bahkan saat tidak sedang bercermin sekalipun. Itulah kenapa dalam kasus ini acne patch dan spot treatment bisa jadi penyelamat kulit berjerawat.

Spot treatment dapat kamu gunakan pada bagian berjerawat sehingga jerawatnya lebih cepat kering dan sembuh dengan bekas minimal. Semakin cepat jerawatmu mereda, kamu jadi tidak sempat untuk memencet bagian berjerawat tersebut sehingga peluang berbekasnya semakin kecil. Gunakan spot treatment yang mengandung bahan anti jerawat seperti sulfur, lactic acid, glycolic acid, salicylic acid, atau capryloyl salicylic acid yang dapat membantu membunuh bakteri serta membantu menghilangkan sumbatan pada pori-pori. Kamu bisa mencoba ElshéSkin Acne Night Treatment atau Acne Night Treatment Gel yang mengandung sulfur, lactic acid, dan salicylic acid pada area berjerawat di wajahmu sehingga jerawatmu lebih cepat mereda.

Selain spot treatment, acne patch (hydrocolloid dressing) juga dapat kamu gunakan pada jerawat aktif agar bagian tersebut terlindungi dari tanganmu yang kotor. Acne patch ini tidak hanya membantu menyerap cairan dari dalam jerawat tetapi sekaligus menjadi ‘pengingat’. Saat kamu menyentuh acne patch, kamu jadi segera sadar bahwa kamu sedang menyentuh jerawat sehingga kamu bisa segera berhenti melakukannya.

 

Selain melakukan dua hal di atas, kamu juga masih tetap rutin melakukan perawatan wajah khusus kulit berjerawat agar masalah jerawatmu bisa diatasi, loh! Buat kamu yang masih belum menemukan skincare yang bisa mengatasi jerawat, kamu bisa banget mencoba perawatan Acne Series dari ElshéSkin yang terdiri dari face wash, toner, dan tentunya sunscreen yang mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengatasi jerawat dengan efektif. Dengan merawat kulit berjerawat dengan skincare yang tepat dan berhenti memencet-mencet jerawat, jerawatmu akan lebih cepat pulih dan tentunya dengan bekas yang minimal.

Selamat merawat kulitmu dan semoga program berhenti memencet jerawatmu berjalan dengan sukses. Wish your skin as clear as your future ahead!

Rekomendasi Produk: